So, Too, Either, Neither, Both, and Not Only

Kata So, Too, Either dan Neither Dalam kalimat Bahasa Inggris artinya sama yaitu “juga”. Untuk lebih jelasnya kita perhatikan penjelasan berikut :
Penggunaan “So” dan “Too” (juga)

Contoh 1:

I am a student. Sania is a student.

Penggabungan kedua kalimat tersebut adalah:

– I am a student and so is Sania.

– I am a student and Sania is too. 

  (Saya seorang pelajar dan Sania juga.)

Contoh 2:

I study English.Benny studies English.

Penggabungan kedua kalimat tersebut:

– I study English and so does Benny.

– I study English and Benny does too.

  (Saya belajar Bahasa Inggris dan Benny juga.)

Contoh 3:

Ardi has gone home.

They have gone home.

Penggabungan kedua kalimat tersebut:

– Ardi has gone home and they have too.

– Ardi has gone home and so have they.

  (Ardi telah pulang ke rumah dan mereka juga.)

Kata “too” bisa berarti terlalu jika diletakan di tengah-tengah kalimat, di depan kata sifat, mempunyai pengertian yang negatif dan digunakan untuk menggabungkan dua buah kalimat menjadi satu. Dalam hal ini “too” menunjukan suatu yang bersifat keterlaluan (excess).

Contoh :

I am very sleepy. I can not study well.

(Saya sangat ngantuk. I Saya tidak dapat belajar dengan baik.)

I am too sleepy to study well.

(Saya terlalu ngantuk untuk belajar dengan baik.)

Contoh lain:

Ani is very fat. She can not run fast.

(Ani sangat gemuk. Dia tidak dapat berlari kencang.)

Ani is too fat to run fast.

Penggunaan “either” dan “neither”

Digunakan dalam kalimat negatif artinya juga.

Contoh 1:

I am not a student.Sania is not a student.

– I am not a student and Sania is not either.

– I am not a student and neither is Sania.

  (Saya bukan seorang pelajar dan Sania juga.)

Contoh 2:

I don’t study English.Benny doesn’t study English.

– I don’t study English and Benny doesn’t either.

– I study English and neither does Benny.

  (Saya tidak belajar Bahasa Inggris dan Benny juga.)

Contoh 3:

Ardi hasn’t gone home.They haven’t gone home.

– Ardi hasn’t gone home and they haven’t either.

Both and Not Only

Both my mother and my sister are here.(Artinya: Keduanya/ baik ibu saya dan saudara perempuan saya ada disini.)

Not only my mother but also my sister is here.(Artinya: Tidak hanya ibu saya tetapi juga saudara perempuan saya ada di sini.)

Not only my sister but also my parents are here.(Artinya: Tidak hanya saudara perempuan saya tetapi juga orangtua saya ada di sini.)

The research project will take both time and money.(Artinya: Penelitian ini akan memerlukan keduanya, baik waktu dan uang.)

Yesterday it not only rained but also snowed.(Artinya: Kemarin bukan hanya hujan tetapi juga turun salju/bersalju).

Both + noun + and + noun

Not only + verb + but also + verb

CATATAN

Paired conjunctions (konjungsi berpasangan) juga disebut dengan correlative conjunctions. 

Tinggalkan Balasan

